Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: -

Ukuran File: 417 KB

Total Diunduh: 3 kali

“Surah Maryam terdiri atas 98 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah karena hampir seluruh ayatnya diturunkan sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Medinah, bahkan sebelum sahabat-sahabat beliau hijrah ke Negeri Habsyah (Ethiopia). Menurut riwayat Ibnu Mas`ud, Ja`far bin Abi Talib membacakan permulaan Surah Maryam kepada raja Najasyi dan pengikut-pengikutnya di waktu ia ikut hijrah bersama-sama sahabatsahabat yang lain ke negeri itu. Surah ini dinamai “Maryam”, karena surah ini mengandung kisah Maryam, Ibu Nabi Isa yang serba ajaib, yaitu melahirkan putranya Isa sedang ia sebelumnya belum pernah dinikahi atau dicampuri oleh seorang laki-laki pun. Kelahiran Isa tanpa bapak merupakan suatu bukti kekuasaan Allah. Pengutaraan kisah Maryam sebagai kejadian yang luar biasa dan ajaib dalam Surah ini, diawali dengan kisah kejadian yang luar biasa dan ajaib pula, yaitu dikabulkannya doa Zakaria oleh Allah agar beliau dianugerahi seorang putra sebagai pewaris dan pelanjut cita-cita dan kepercayaan beliau, sedang usia beliau sudah sangat tua dan istri beliau seorang yang mandul, yang menurut ukuran ilmu biologi tidak mungkin bisa hamil.
Pokok-pokok Isinya
1. Keimanan: Allah berbuat sesuatu menurut yang dikehendaki-Nya, kendati pun menyimpang dari hukum-hukum alam, Isa, bukan anak Allah karena mustahil Allah mempunyai anak. Jibril turun kepada rasul-rasul membawa wahyu atas perintah Allah. Semua manusia akan masuk neraka, kecuali yang beriman lagi bertakwa kepada Allah.
2. Kisah: Allah mengabulkan doa Zakaria untuk memperoleh anak, sekalipun usia beliau sudah sangat tua dan istri beliau mandul. Kisah kelahiran Isa tanpa bapak, kisah Ibrahim dengan bapaknya, Musa seorang yang dipilih Allah, Ismail seorang yang benar dalam janjinya dan Idris seorang yang sangat kuat kepercayaannya.
3. Dan lain-lain: Ancaman terhadap orang yang meninggalkan salat dan mengikuti hawa nafsunya serta kabar gembira untuk orang-orang yang telah tobat dan mengamalkan amal-amal yang saleh, keadaan di surga, membiarkan orang yang sesat dari petunjuk bergelimang dalam kesesatannya adalah Sunnah Allah.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Salah satu aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “”EPUB File Reader”” di sistem Windows, dan “”Google Play Book”” di Android.”