Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: -

Ukuran File: 345 KB

Total Diunduh: 7 kali

Surah Fussilat terdiri dari 54 ayat dan termasuk kelompok surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Gafir.
Dinamai “Fussilat” karena ada hubungannya dengan perkataan “Fussilat” yang terdapat pada permulaan surah ini. Maksudnya adalah ayat-ayat diperinci dengan jelas tentang hukum-hukum, keimanan, janji dan ancaman, budi pekerti, kisah, dan sebagainya.
Dinamai juga dengan “Ha Mim as-Sajdah” karena surah ini dimulai dengan “Ha Mim” dan dalam surah ini terdapat ayat Sajdah.
Pokok-pokok Isinya:
1.Keimanan: Al-Qur’an dan sikap orang-orang musyrik terhadapnya; kejadian-kejadian langit dan bumi dan apa yang pada keduanya membuktikan adanya Allah. Semua yang terjadi dalam alam semesta tidak lepas dari pengetahuan Allah.
2.Lain-lain: Hikmah penciptaan gunung-gunung; anggota tubuh tiap-tiap orang menjadi saksi terhadap dirinya pada hari Kiamat, azab yang ditimpakan kepada kaum ‘Ad dan Samud; permohonan orang-orang kafir agar dikembalikan ke dunia untuk mengerjakan amal-amal saleh; berita gembira dari malaikat kepada orang-orang yang beriman; anjuran menghadapi orang-orang kafir secara baik-baik; ancaman terhadap orang-orang yang mengingkari keesaan Allah, sifat-sifat Al-Qur’an Al-Karim; manusia dan wataknya.