Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 319 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah ini terdiri dari 128 ayat, termasuk kelompok surah-surah Makkiyyah, kecuali tiga ayat yang terakhir. Ayat-ayat ini turun pada waktu Rasulullah kembali dari peperangan Uhud.

Surah ini dinamakan dengan an-Nahl yang berarti “lebah” karena di dalamnya terdapat firman Allah ayat 68 yang artinya, Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah”.

Lebah adalah makhluk yang sangat berguna bagi manusia. Ada persamaan hakikat antara madu yang dihasilkan lebah dengan intisari yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Madu berasal dari sari bunga dan menjadi obat bagi manusia. Sedangkan Al-Qur’an mengandung intisari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada para nabi terdahulu ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa sepanjang masa untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Surah ini dinamakan pula Surah an-Ni‘am yang berarti nikmat-nikmat, karena di dalamnya Allah menyebutkan beberapa nikmat untuk hamba-hamba-Nya.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.