Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 251 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah ini terdiri dari 99 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah, karena diturunkan di Mekah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Medinah. Al-Hijr adalah nama sebuah pegunungan yang didiami oleh kaum Samud, terletak di pinggir jalan raya antara Medinah dan Syam (Syria).

Nama surah ini diambil dari nama daerah pegunungan itu, sebagai peringatan bagi kaum Muslimin karena penduduknya, yaitu kaum Samud yang dikisahkan pada ayat 80 sampai dengan ayat 84, telah dimusnahkan akibat mendustakan Nabi Saleh dan berpaling dari ayat-ayat Allah.

Dalam surah ini terdapat pula kisah-kisah kaum lain yang telah dibinasakan oleh Allah, seperti kaum Lut dan kaum Syuaib Semua kisah-kisah itu dapat dijadikan tamsil dan ibarat bahwa orang-orang yang menentang ajaran rasul-rasul akan mengalami kehancuran.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.