Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 317 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah ini terdiri dari 111 ayat, dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Dinamakan Surah al-Isra’ yang berarti “memperjalankan di malam hari” karena dalam surah itu disebutkan peristiwa Isra’ Nabi Muhammad dari Masjidilharam di Mekah, ke Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis. Peristiwa ini diabadikan pada ayat pertama Surah al-Isra’.

Surah ini dinamakan pula Surah Bani Israil yang berarti “Keturunan Israil”, karena pada bagian permulaan, yaitu pada ayat yang kedua sampai dengan ayat kedelapan, dan kemudian pada bagian akhir surah, yaitu pada ayat 101 sampai dengan ayat 104, disebutkan tentang kisah Bani Israil. Dijelaskan dalam ayat-ayat tersebut bagaimana bangsa Israil setelah mereka menjadi bangsa yang kuat dan besar, menjadi bangsa yang terhina, karena menyimpang dari ajaran Allah.

Kisah Isra’ dikaitkan dengan kisah Bani Israil pada surah ini untuk memberi peringatan bahwa apabila umat meninggalkan ajaran-ajaran agamanya, akan mengalami keruntuhan sebagaimana halnya Bani Israil.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.