Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 289 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah Sad terdiri dari 88 ayat, termasuk surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah al-Qamar dan sebelum Surah al-A‘raf. Surah ini dinamakan Surah Sad karena dimulai dengan huruf “Sad”.

Pokok-pokok Isinya:

  1. Keimanan:
  2. Keesaan Allah yang telah menciptakan alam, mengirim nabi-nabi, menurunkan Al-Qur’an, menciptakan hari akhirat, dan membalas yang baik dengan surga dan yang jahat dengan neraka.
  3. Dalam surah ini Allah bersumpah dengan Al-Qur’an untuk menunjukkan bahwa Kitab itu betul-betul wahyu dan isinya benar.
  4. Iman kepada Nabi Muhammad, jangan menuduhnya dengan bermacam tuduhan seperti mengatakannya pesihir.
  5. Iman kepada hari akhirat, yaitu tempat manusia hidup abadi sesuai dengan balasan amalnya.
  6. Kisah-kisah:
  7. Kaum-kaum Nabi Nuh, ‘Ad, Fir‘aun, Ashab al-Aikah yang ingkar lalu dihukum Allah.
  8. Nabi-nabi Daud, Sulaiman, dan Ayub yang diuji Allah, supaya jadi pelajaran bagi manusia agar memiliki sifat sabar.
  9. Nabi-nabi Ibrahim, Ishak, Yakub yang terpilih, dan Nabi-nabi Ismail, Ilyasa‘, Zulkifli yang merupakan orang-orang saleh.
  10. Kisah penciptaan Adam dan Iblis, supaya jadi pelajaran bagi manusia bahwa Iblis itu adalah musuh terbesar mereka yang selalu ingin menjatuhkan mereka pada kesesatan.
  11. Lain-lain:
  12. Fungsi Nabi Muhammad sebagai pemberi peringatan tanpa meminta imbalan atas tugasnya, dan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup paling benar, dan kebenarannya akan segera terbukti.
  13. Penyebab manusia masuk neraka adalah kesombongan dan permusuhan yang sengit dengan para rasul.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.