Cover Buku
Anda harus login untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Nagisa Tatsumi

Penerbit: Bentang

ISBN: 978-602-291-735-9

Ukuran File: 157 KB

Total Diunduh: 9 kali

Membuang barang adalah persoalan fundamental.

Semua orang memiliki terlalu banyak “”barang”” dewasa ini. Kita tak henti-henti mengenyahkan barang, tetapi ini-itu tetap saja tidak habis-habis. Di kantor, kita menghadapi segunung kertas; di rumah, tempat penyimpanan sebanyak apa pun yang kita miliki tak kunjung cukup. Barang kian lama kian banyak dan hunian kita menciut. Kita terkepung. Kita tahu bahwa kita mesti bertindak. Andai kita bisa menyingkirkan semua, alangkah leganya!
Kesadaran lingkungan bertumbuh pesat pada era 1990-an, terus hingga ke milenium baru: jagalah Bumi …. Lakukan daur ulang …. Kurangi sampah …. Perspektif tersebut melahirkan pola pikir baru mengenai barang, salah satunya adalah kebutuhan tidak sama dengan keinginan. Namun, kita tetap saja kebanjiran barang. Mengapa? Kenapa banjir tersebut sepertinya tak kunjung sirna?

Kita tahu betapa plong perasaan kita apabila barang-barang itu enyah—lantas kenapa kita malah menyimpannya terus? Kenapa kita selalu merasa bersalah ketika membuang barang? Mari kita kupas pertanyaan-pertanyaan ini sedikit lebih saksama.