Cover Buku
Anda harus login untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Ust. Cece Abdulwaly

Penerbit: Laksana

ISBN: 978-602-407-580-4

Ukuran File: 161 KB

Total Diunduh: 6 kali

“Menghafal adalah salah satu cara terbaik yang dilakukan oleh para ulama terdahulu dalam rangka mendapatkan sekaligus memelihara dan menjaga suatu ilmu. Untuk bisa benar-benar dianggap ahli dalam bidang ilmu tertentu, mau tidak mau memang seseorang harus banyak-banyak menghafalkannya. Maka, sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh jika rata-rata ulama memang memiliki hafalan yang sangat banyak. Di antara mereka ada yang mampu hafal hingga ratusan ribu bahkan jutaan hadits. Di antara mereka juga ada yang mampu hafal hingga berpuluh-puluh jilid kitab tanpa ada yang kurang sedikit pun.

Kita yang memang menginginkan ilmu, sudah seharusnya meneladani kisah para ulama ketika menuntut ilmu hingga mereka benar-benar sukses dengan keilmuannya, termasuk dalam hal ini adalah meneladani cara mereka menghafal dan menjaga hafalan ilmunya. Melalui buku ini, penulis mencoba menguraikan berbagai bentuk kehebatan para ulama dalam hal menghafal ilmu sekaligus ingin mencoba mengungkap rahasia-rahasia di baliknya. Sehingga, diharapkan para pembaca, setidaknya, dapat meneladani dan mengikuti jejak langkah yang mereka tempuh.

Melalui buku ini, penulis juga ingin menekankan bahwa pencapaian para ulama dalam hal keilmuan mereka, termasuk dalam hal hafalan yang mereka miliki, semuanya benar-benar bisa pula untuk kita capai jika kita benar-benar sungguh-sungguh serta mencontoh perjuangan dan usaha mereka. Terlebih, Allah Swt. telah memberikan kemudahan untuk umat ini dalam hal menghafal ilmu, khususnya al-Qur’an. Maka, selama kita punya keinginan untuk menghafalnya, sebenarnya kita pasti mampu.”