Cover Buku
Anda harus login untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Um Mulyadi

Penerbit: Laksana

ISBN: 978-602-407-610-8

Ukuran File: 140 KB

Total Diunduh: 3 kali

“Kambing merupakan hewan ternak yang cukup populer di Indonesia (maupun di dunia) setelah sapi. Bisa dibilang, kambing menjadi alternatif paling baik (banyak dipilih) untuk menggantikan sapi sebagai hewan ternak. Selain modalnya kecil (ketimbang sapi), kambing juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Dikatakan demikian, sebab selain menghasilkan daging bernutrisi tinggi yang banyak diburu oleh para pecintanya, hewan memamah ini juga menghasilkan susu yang penting bagi kesehatan. Selain keduanya, kulit kambing pun mempunyai nilai jual cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika di seluruh dunia, dari dulu hingga sekarang, kambing telah banyak diternak secara khusus oleh manusia, baik untuk kebutuhan komersial maupun sekadar hobi.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha di bidang peternakan yang menjanjikan untung besar dengan modal relatif kecil, maka sangat bijak jika Anda memilih jenis hewan herbivora ini untuk diternak. Mengapa? Sebab, selain memiliki nilai ekonomi tinggi, pangsa atau potensi pasar kambing juga tinggi. Ditambah lagi, tingginya kebutuhan pasar akan daging kambing ini masih belum diimbangi dengan banyaknya daging kambing yang dihasilkan. Itu artinya, sampai kapan pun, beternak kambing-baik untuk diambil dagingnya (kambing potong) maupun diambil susunya (kambing perah)-memiliki potensi pasar dan peluang usaha yang sangat cerah.

Positifnya lagi, beternak kambing sangatlah mudah dan dapat dilakukan di waktu-waktu kosong Anda di rumah. Artinya, Anda tidak harus mengurus kambing ternak seharian penuh, melainkan hanya beberapa jam saja, yaitu ketika memberi pakan dan minum. Sehingga, orang supersibuk sekalipun yang notabene hanya memiliki waktu sedikit di rumah, tetap dapat beternak kambing.”