Cover Buku
Anda harus login untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Sukron Abdilah

Penerbit: Elex Media Komputindo

ISBN: 978-602-02-4994-0

Ukuran File: 155 KB

Total Diunduh: 4 kali

Hidup yang sedang kita jalani saat ini tak bisa lepas dari dua peristiwa. Pertama, peristiwa kehidupan yang sesuai dengan keinginan, harapan, angan‑angan, dan cita‑cita kita. Kedua, peristiwa yang tidak diinginkan, tidak diharapkan, dan tidak disukai dalam hidup. sebagai manusia, wajar bila kita selalu menginginkan peristiwa hidup selalu indah, mengasyikkan, dan sesuai dengan yang kita harapkan. Sayangnya, kerap terjadi sebaliknya. Kesulitan hidup selalu datang tak terkira dari mana saja.

Setiap orang selalu berusaha keluar dari kesulitan hidup. Itu sebabnya kita kerap bertanya pada diri sendiri, apa yang harus dilakukan ketika peristiwa yang tidak menyenangkan datang? Ternyata, Islam memberikan jalan yang asyik dilalui ketika kita ditimpa kesulitan hidup. Al‑Qur’an dan hadis, serta sirah Nabi Muhammad saw., tentunya menjadi rujukan bagi kita ketika hendak keluar dari kesulitan, dari segala masalah dan musibah.
Nabi kita semua, Muhammad saw., lahir dalam kondisi sulit karena menjadi seorang anak yatim. Beberapa tahun kemudian ibunya, Siti Aminah, pun wafat. Namun, dengan semangat membaja Muhammad saw., bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Diceritakan bahwa ia menjadi seorang penggembala di padang pasir, menggembalakan kambing‑kambing milik para saudagar kaya. Demi keluar dari kesulitan hidup, Nabi Muhammad saw., menjadi pedagang. Setelah dewasa, ia pun sukses.