Cover Buku
Anda harus login untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Usamah Abubakar

Penerbit: Spektrum Nusantara

ISBN: 978-623-7107-42-2

Ukuran File: 239 KB

Total Diunduh: 10 kali

“Syaikh Juha, Nashruddin Hodja, Nashruddin Efendi, Abu Nawas, atau siapapun nama sebenarnya dari tokoh yang satu ini, yang jelas kita telah terlanjur untuk menyebutnya sebagai humoris nomer wahid dari Arab -yang cenderung dikonotasikan keras, tandus, kering, pedang dan stigma negatif lain.
Syaikh Juha memang menjadi legenda dari demikian banyak tokoh legendaris tanah Arab -tentu saja tanah Arab di sini bukan dimaksudkan hanya Arab Saudi, tapi seluruh jazirah Arabia, semua wilayah yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa ibu.

Syaikh Juha atawa Hodja pun mungkin Nashruddin Efendi yang hidup sekitar 1208-1284 M dan meninggal pada usia 76 tahun, mau tidak mau, suka tidak suka adalah suluh dunia, ia telah meletakkan prinsip penting dalam masalah moral dan etika masyarakat dan negara. Dalam buku ini anda dapat menyimak gagasan Syaikh Juha tentang demokrasi, clean government, law enforcement, hak asasi dan anti diskriminasi. Wacana-wacana tersebut saat ini seolah sedang menjadi kitab suci baru bagi bangsa kita.”