Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: -

Ukuran File: 206 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah Saba’ terdiri atas 54 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Luqman. Dinamakan Surah Saba’ karena di dalamnya terdapat kisah kaum Saba’.

Saba’ adalah nama suatu kabilah dari kabilah-kabilah Arab yang tinggal di daerah Yaman sekarang ini. Mereka mendirikan kerajaan yang terkenal dengan nama kerajaan Sabaiyah, ibu kotanya Ma’rib. Mereka telah dapat membangun suatu bendungan raksasa yang bernama Bendungan Ma’rib, sehingga negeri mereka menjadi subur dan makmur. Kemewahan dan kemakmuran menyebabkan kaum Saba’ lupa dan ingkar kepada Allah yang telah melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada mereka. Mereka mengingkari pula seruan para rasul yang diutus Allah. Karena keingkaran ini, Allah menimpakan kepada mereka azab berupa sailul ‘arim (banjir besar) yang ditimbulkan oleh bobolnya Bendungan Ma’rib. Setelah itu, negeri Saba’ menjadi kering dan tandus, dan kerajaan mereka pun hancur.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Salah satu aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader”, “Readium Chrome” di sistem Windows, dan “Google Play Book”, “Lithium” di Android.”