Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 377 KB

Total Diunduh: 5 kali

Surah ini berisi 129 ayat, semuanya Madaniyah, kecuali ayat 113 dan dua ayat terakhir, yaitu ayat 128 dan 129 menurut sebagian ulama adalah Makkiyah karena diturunkan di Makkah. Menurut pendapat sebagian besar ulama tafsir (jumhur), semua ayat itu tanpa ada yang dikecualikan adalah Madaniyah karena berdasarkan pendapat yang masyhur bahwa ayat yang diturunkan sesudah Nabi Muhammadhijrah ke Madinah dinamakan Madaniyah sekalipun diturunkan di Makkah.

Surah ini mempunyai banyak nama, tidak ada surah dalam Al-Qur’an yang lebih banyak namanya dari surah ini dan surah al-Fatihah, akan tetapi yang paling masyhur dari semua namanya itu adalah “Bara′ah” dan “at-Taubah”.

Dinamakan Bara′ah karena surah ini dimulai dengan kata “Bara′ah” yang berarti berlepas diri yang maksudnya ialah pemutusan hubungan, karena di dalamya terdapat ayat-ayat yang membicarakan pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrik.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.