Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 234 KB

Total Diunduh: 3 kali

Surah ar-Ra’d ini terdiri atas 43 ayat termasuk golongan surah Makkiyah menurut Ibnu ‘Abbas, Hasan, Ikrimah, dan lain-lain. Sedangkan Ibnu ‘Abbas, Zubair, Muqatil, dan lain-lain menggolongkannya ke dalam kelompok surah Madaniyah.

Surah ini dinamakan ar-Ra‘d yang berarti “guruh” atau “guntur” karena dalam ayat 13 Allah berfirman yang artinya “Dan guruh itu bertasbih sambil memuji-Nya”, menunjukkan sifat kesucian dan kesempurnaan Allah. Juga sesuai dengan sifat Al-Qur’an yang mengandung ancaman dan harapan, maka demikian pulalah halnya bunyi guruh itu menimbulkan kecemasan dan harapan bagi manusia. Bagian terpenting dari isi surah ini ialah bahwa bimbingan Allah kepada makhluk-Nya bertalian erat dengan hukum sebab dan akibat. Bagi Allah tidak ada pilih kasih dalam menetapkan hukuman. Balasan atau hukuman adalah akibat dari ketaatan atau keingkaran terhadap hukum Allah.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.