Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: 979-3843-01-2

Ukuran File: 741 KB

Total Diunduh: 8 kali

Surah pertama al-Fatihah mempunyai bermacam-macam nama, antara lain:

1. Surah al-Fatihah

Kata “Fatihah” terambil dari kata kerja fataha yang berarti “membuka” atau “memulai”. Sedangkan “al-” adalah kata sandang, artikel definitif, itu, penunjuk suatu kata benda. Al-Fatihah di sini berarti “Pembuka” atau “Pemula”. Surah ini dinamakan “al-Fatihah” karena dengan surah inilah dibuka Al-Qur′an, artinya dengan surah inilah dimulai susunan surah-surah Al-Qur′an. Peletakannya di permulaan Al-Qur′an berdasarkan tauqifi, artinya perintah dari Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad.

2. Ummul-Qur′an atau Ummul-Kitab

Di samping nama “al-Fatihah“, surah ini juga dinamakan Ummul-Qur′an (Induk Al-Qur′an) atau Ummul-Kitab (Induk Al-Kitab), karena merupakan induk, pokok, atau basis bagi Al-Qur′an seluruhnya, dengan arti bahwa surah al-Fatihah mengandung pokok-pokok isi Al-Qur′an

3. As-Sab‘ul Masani

Surah al-Fatihah juga dinamai as-Sab‘ul-Masani (tujuh yang berulang-ulang). Dinamai demikian karena ayatnya berjumlah tujuh, dan dibaca berulang-ulang dalam salat.

Selain beberapa nama yang disebutkan, masih ada nama-nama lain, yaitu al-Kanz (Perbendaharaan), al-Hamd (Pujian), as-Salah (Salat), al-Waqiyah (Yang Melindungi), Asasul-Qur’an (Pokok-pokok Al-Qur′an), asy-Syafiyah (Penyembuhan), al-Kafiyah (Yang Mencukupi), ar-Ruqyah (Bacaan untuk Pengobatan), asy-Syukur (Syukur) ad-Dua (Doa) dan al-Asas (Asas Segala Sesuatu).

Surah al-Fatihah diturunkan di Mekah, jadi termasuk surah Makkiyyah. Surah ini diturunkan pada waktu pertama kali disyariatkan salat dan diwajibkan membacanya di dalam salat, karena itu, ia adalah surah yang pertama diturunkan dengan lengkap. Dalam surah ini terdapat kesimpulan dari isi keseluruhan Al-Qur′an.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.