Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

Ukuran File: 439 KB

Total Diunduh: 6 kali

Surah ‘Abasa terdiri dari 42 ayat, termasuk kelompok surah Makkiyah, diturunkan sesudah Surah an-Najm.
Nama ‘Abasa (ia bermuka masam) diambil dari perkataan ‘abasa yang terdapat pada ayat pertama surah ini.
Menurut riwayat, pada suatu ketika Rasulullah menerima dan berbicara dengan pemuka-pemuka Quraisy, yang beliau harapkan agar masuk Islam. Ketika itu, datanglah ‘Abdullah bin Ummi Maktum, seorang sahabat yang buta yang mengharap agar Rasulullah membacakan kepadanya ayat-ayat Al-Qur’an yang telah diturunkan Allah. Akan tetapi, Rasulullah bermuka masam dan memalingkan muka dari ‘Abdullah bin Ummi Maktum yang buta itu, lalu Allah menurunkan surah ini sebagai teguran atas sikap Rasulullah kepada sahabat tersebut.
Pokok-pokok Isinya:
Keimanan: Dalil-dalil keesaan Allah; keadaan manusia pada hari Kiamat.
Lain-lain: Dalam berdakwah hendaknya memberikan penghargaan yang sama kepada orang-orang yang diberi dakwah; cercaan Allah kepada manusia yang tidak mensyukuri nikmat-Nya.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.