Cover Buku
Silahkan login untuk akses buku ini

Pengarang: Dr. Seto M., Prof. Dr. A. M. Heru B., Dan Dr. Wahyu R.

Penerbit: Rajawali Pers

ISBN: 978-602-425-035-5

Ukuran File: -

Total Diunduh: 0 kali

Buku psikologi pendidikan dengan pendekatan teori psikologi baru ini lebih berfokus pada pembahasan tugas guru dan dosen, baik sebagai pengajar maupun sebagai pendidik. Dalam pelaksanaan tugas sebagai pengejara dan pendidik, mereka harus memahami lebih dulu siapa sebenarnya anak atau siswa itu. Anak atau siswa pada hakikatnya adalah manusia muda yang merdeka artinya berkehendak bebas. Dengan demikian dalam pendidikan merupakan pendidikan pembebasan, justru bukan memasung kebebasan. Dalam buku ini secara khusus pembahasan tentang hakikat anak dan perlindungan terhadap anak tidak dibahas secara eksplisit. Tetapi secara implisit akan membahas mengenai definisi pendidikan, pembelajaran dengan pedekatan proses dan pembelajaran transformasional yang pada dasarnya menekankan bahwa pendidikan pada hakikantnya merupakan proses penyadaran akan kemampuan dan kelemahan si terdidik dalam internalisasinya dengan lingkungan. Dalam buku ini juga dibahas tentang belajar dan kemandirian belajar (self regulated learning). Pembahasan tersebut bertujuan agar guru dan dosen benar-benar memahami proses belajar dari siswa-siswanya yang meliputi proses asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi. Yang terakhir dalam buku ini diuraikan belajar yang berpusat pada guru (teacher centered learning) dan belajar berpusat pada siswa (student centered learning) dan perbedaan operasionalisasi diantara keduanya.