Pengarang: Lynda Wee Keng Neo
Penerbit: Nuansa
ISBN: 9799481945
Ukuran File: 396 KB
Total Diunduh: 5 kali
Bisnis bersifat dinamis. Lingkungan di mana para praktisi bisnis bekerja tidak pernah statis. Organisasi-organisasi bisnis tahu bahwa dari semua hal yang ditakuti satu perusahaan besar, kepuasan diri sendiri menduduki urutan teratas. Berbagai perubahan yang terjadi dalam pendidikan bisnis tidaklah berlalu tanpa perhatian. Tetapi organisasi-organisasi pendidikan bisnis selama ini bersikap lambat untuk membawa perubahan dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran mereka. Sampai sejauh ini banyak strategi cenderung mengarah pada bentuk pembelajaran aktif (active learning), pembelajaran kolaboratif (collaborative learning), pembelajaran berbasis proyek dan banyak dan banyak lagi yang lainnya. Pembelajaran berbasis problem (Problem Based-Learning, PBLIND) adalah salah satu pendekatan yang lebih menonjol dibanding pendekatan-pendekatan lain. Sejak lahirnya pendekatan ini pada tahun 1960-an di Fakultas Kedokteran Universitas McMaster Kanada, PBLIND telah diterapkan di banyak institusi di seluruh dunia. PBLIND telah menyebarkan sayapnya khususnya dalam dunia keperawatan, konstruksi, teknik dan bisnis di tingkat sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 dan S3) di negara-negara seperti Australia, Amerika Serikat dan Belanda.