Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Anna Fauziah, dkk

Penerbit: Pustaka Lebah

ISBN: -

Ukuran File: 132 KB

Total Diunduh: 2 kali

Geologi adalah cabang ilmu alam yang mempelajari bumi, komposisi, struktur, sifatsifat fisik, sejarah, dan proses asal mula terbentuknya bumi serta sejarah perkembangannya. Ilmu ini mendapat perhatian penting para ilmuwan Muslim di zaman kekhalifahan, karena dipandang bermanfaat besar bagi manusia. Geologi membantu manusia menemukan dan mengatur sumber daya alam yang ada di bumi, seperti minyak bumi, batu bara, dan berbagai logam serta mineral yang bernilai ekonomi.

Al-Biruni dianggap Garrison sebagai geolog muslim perintis yang berjasa mendirikan studi geologi modern. Hipotesisnya yang terkenal, menyebutkan anak benua India awalnya adalah lautan. Teori ini didukung penelitiannya yang menemukan kerang dan fosil di wilayah itu. Lautan tersebut meningkat kemudian menjadi daratan kering. Beliau juga mengemukakan bumi secara konstan mengembang yang memperkuat ajaran Islam jika bumi tidak kekal (ditandai dengan kiamat). Hal ini berlawanan dengan ilmuwan Yunani Kuno yang menganggap bumi kekal. Geolog modern akhirnya membuktikan teorinya dengan perhitungan usia bumi.
Al-quran sendiri memberi perhatian di bidang geologi dengan memaparkan ayat-ayat tentang gunung, tanah, lautan, dan makhluk hidup di bumi. Semakin lama, semakin banyak ilmuwan yang menemukan kesesuaian pemberitahuan Islam tentang rahasia bumi dengan hasil penelitian para ilmuwan tersebut.