Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

Ukuran File: 1.39 MB

Total Diunduh: 2 kali

Surah ini terdiri dari 30 ayat, termasuk kelompok surah Makkiyah, turun sebelum Surah ad-Duha dan sesudah Surah al-Fil. Nama al-Fajr diambil dari kata al-fajr yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya “fajar”.
Pokok-pokok Isinya:
Allah bersumpah dengan fajar dan malam setiap hari atau hari-hari tertentu untuk menekankan bahwa apa dan siapa pun di alam ini tidak akan abadi. Contohnya adalah beberapa umat terdahulu yang dihancurkan Allah karena kedurhakaan mereka walaupun mereka begitu kuat dan perkasa. Peristiwa-peristiwa itu hendaknya menjadi peringatan bagi kaum kafir Mekah bahwa bila mereka tetap membangkang, mereka dapat saja dihancurkan oleh Allah seperti umat-umat tersebut. Manusia secara pribadi juga demikian, mereka akan mati, kemudian akan menjalani kehidupan yang abadi di akhirat dalam keadaan bahagia atau sengsara. Oleh karena itu, manusia jangan terlalu cinta harta, sebab kecukupan materi di dunia belum tentu merupakan pertanda bahwa Allah mencintainya. Perbuatan yang diperlukan adalah mencintai anak yatim, membantu orang miskin, dan tidak memakan harta pusaka yang tidak menjadi haknya. Orang yang bersih dari dosa akan dipersilakan oleh Allah untuk memasuki surga-Nya.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “EPUB File Reader” di sistem Windows, dan “Google Play Book” di Android.