Cover Buku
Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat mengunduh buku ini

Pengarang: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama R I

Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kemenag

ISBN: -

Ukuran File: 192 KB

Total Diunduh: 3 kali

“Surah ad-Dukhan terdiri dari 59 ayat, termasuk kelompok surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah az-Zukhruf. Nama ad-Dukhan (kabut) diambil dari perkataan dukhan yang terdapat pada ayat 10 surah ini.
Menurut riwayat al-Bukhari, secara ringkas dapat diterangkan sebagai berikut: Perbuatan orang-orang kafir Mekah dalam menghalang-halangi agama Islam dan menyakiti serta mendurhakai Nabi Muhammad saw sudah melewati batas, karena itu Nabi berdoa kepada Allah agar diturunkan azab, sebagaimana yang telah diturunkan kepada orang-orang yang durhaka kepada Nabi Yusuf yaitu kemarau yang panjang. Doa Nabi saw itu dikabulkan Allah sampai orang-orang kafir memakan tulang dan bangkai karena kelaparan. Mereka selalu menengadah ke langit mengharap pertolongan Allah, tetapi tidak satu pun yang mereka lihat kecuali kabut yang menutupi pandangan mereka.
Akhirnya mereka datang kepada Nabi Muhammad saw agar Nabi memohon kepada Allah, agar diturunkan hujan. Setelah Allah mengabulkan doa Nabi dan hujan diturunkan, mereka kembali kafir seperti semula, karena itu, Allah menyatakan bahwa mereka nanti akan diazab dengan azab yang pedih.
Pokok-pokok Isinya:
1.Keimanan: Dalil-dalil atas kenabian Muhammad saw; huru-hara dan kehebatan hari Kiamat; pada hari Kiamat hanya amalan baik seseorang yang dapat menolong orang itu; azab dan penderitaan yang ditemui oleh orang-orang kafir di akhirat, serta nikmat dan kemenangan yang diterima orang-orang mukmin.
2.Kisah-kisah: Kisah Musa dengan Fir‘aun dan kaumnya.
3.Lain-lain: Permulaan turunnya Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar; orang-orang kafir hanya beriman kalau mereka ditimpa bahaya; kalau bahaya telah hilang mereka kembali menjadi kafir; dalam penciptaan langit dan bumi itu terdapat hikmah yang besar.

Untuk dapat diakses secara maksimal oleh Tunanetra. Pastikan di Komputer sudah terinstal program pembaca layar seperti NVDA dan mesin suara (text to speech) dua bahasa (Indonesia dan Arab) supaya pembaca layar dapat secara otomatis mendeteksi dan membacakan teks arab dan latin Indonesia.

Salah satu aplikasi pembaca EPUB yang aksesibel dengan EPUB jenis ini adalah “”EPUB File Reader”” di sistem Windows, dan “”Google Play Book”” di Android.”